Jadwal Kapal KM Gunung Dempo Bulan April 2024

jadwal kapal gunung dempo
jadwal kapal gunung dempo

Postingan tentang informasi jadwal kapal Gunung Dempo di bulan April 2024 Mulai dari 01 April 2024 sampai 16 April 2024 mendatang. Rute-rute yang dilewati untuk Jadwal Kapal Gunung Dempo di antaranya yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, Sorong, Manokwari, Wasior, Nabire dan Jayapura. Berikut jadwal kapal pelni KM Gunung Dempo :

 

JADWAL KAPAL GUNUNG DEMPO

Rute : Jakarta Surabaya

Berangkat : 01 April 2024 Jam 21:00
Tiba : 02 April 2024 Jam 21:00

Rute : Surabaya Makassar

Berangkat : 02 April 2024 Jam 23:59
Tiba : 04 April 2024 Jam 03:00

Jadwal Kapal Gunung Dempo selengkapnya bisa di cek pada gamber berikut:

jadwal-kapal-gunung-dempo-april-2024

Profil

Kapal yang satu ini memiliki nama yang diambil dari salah satu gunung yang ada di perbatasan antara Sumatera Selatan dan Bengkulu, tepatnya di Kota Pagalaram, yaitu Gunung Dempo. Kapal Gunung Dempo dirakit oleh perusahaan galangan kapal Meyer Werft GmbH, Bernard Meyer pada tahun 2006 di Jerman. Teknologi yang dipakai oleh kapal Gunung Dempo ini mampu mengarungi lautan Indonesia dengan berbagai rute yang ada.

Kapal Gunung Dempo resmi dilepas untuk pelayaran perdananya pada bulan September 2008 oleh Menteri Perhubungan saat itu. Kapal berbobot 14.200 GT ini, merupakan kapal ke-28 yang dimiliki oleh perusahaan BUMN bidang pelayaran milik pemerintah. Kapal Gunung Dempo, selain untuk mengangkut penumpang juga digunakan untuk mengangkut kontainer dengan presentase 75% penumpang dan 25% kontainer.

Kapasitas Kapal Gunung Dempo mencapai kurang lebih 2200 orang jika terisi penuh. Penumpang pada kapal ini dikategorikan ke dalam 3 kelas yaitu kelas 1A, kelas 1B, dan kelas ekonomi. Kelas-kelas ini memiliki fasilitas dan harga tiket yang berbeda.
 

Harga Tiket Kapal

Tiket Kapal Gunung Dempo bisa dibeli lewat online. Selain itu, Anda juga dapat membeli tiket kapal Gunung Dempo di berbagai agen resmi Pelni yang tersebar di hampir seluruh kota besar di Indonesia, seperti kota Jakarta, kota Surabaya, kota Makassar, kota Ambon, kota Balikpapan, kota Semarang, dan kota-kota besar lainnya. 

Saat ini, untuk pembelian tiket online bisa lewat website resmi Pelni. Bisa juga dibeli di toko-toko retail yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Alfamart, Indomart, dan lain-lain. Anda akan lebih mudah memesannya karena jumlah toko retail tersebut sangatlah banyak. Toko-toko retail ini juga relatif dekat dan mudah ditemukan daripada agen resmi penyedia kapal ini.

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Makassar Sorong
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 563.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 563.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 563.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Sorong Manokwari
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 158.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 158.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 158.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Manokwari Wasior
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 79.500
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 79.500
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 79.500

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Wasior Jayapura
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 255.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 255.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 255.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Jayapura Wasior
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 270.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 270.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 270.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Wasior Manokwari
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 72.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 72.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 72.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Manokwari Sorong
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 145.500
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 145.500
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 145.500

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Sorong Makassar
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 558.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 558.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 558.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Makassar Surabaya
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 282.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 282.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 282.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Surabaya Jakarta
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 240.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 240.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 240.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Jakarta Surabaya
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 235.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 235.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 235.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Sorong Makassar
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 558.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 558.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 558.000

Harga Tiket Kapal Gunung Dempo Makassar Surabaya
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 282.000
Tiket Eks Kabin Kelas 1B : Rp. 282.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 282.000

Fasilitas

Fasilitas di kapal Gunung Dempo menyesuaikan kelas yang diambil oleh masing-masing penumpang. Fasilitas dasar seperti tempat tidur, makan, toilet, dan hiburan tentu sudah menjadi hak penumpang. Penumpang di kelas ekonomi ada yang hanya mendapat tempat di bangsal-bangsal. Sedangkan kelas 1 akan disediakan kamar eksklusif untuk 2 orang per kamar dilengkapi kamar mandi, lemari, 2 tempat tidur, dan televisi.

Penumpang kelas 1 juga akan mendapatkan tempat tidur yang full AC. Selain itu, fasilitas makan dengan menu yang bervariasi juga akan mereka dapatkan. Penumpang kelas 1 akan diberi bagasi bebas sebesar 40 kg per orang. Hal ini tentu sepadan dengan harga yang harus dibayar oleh penumpang kelas 1 yang tarifnya jauh di atas kelas ekonomi.

Kondisi berbeda akan Anda lihat saat kapal dalam kondisi sangat penuh. Sebagai contoh, pada musim lebaran, jumlah penumpang dapat sangat penuh . Setiap sudut ruangan di kapal akan terisi oleh penumpang. Pada kondisi seperti ini, bisa saja penumpang tidak dapat tempat tidur seperti biasa. Penumpang terpaksa harus tidur beralaskan tikar atau koran di berbagai tempat yang masih tersisa.

Kapal Gunung Dempo juga diklaim sebagai transportasi ramah perempuan dan ramah anak. Anda akan mendapati beberapa fasilitas yang dikhususkan untuk kaum perempuan dan anak-anak. Fasilitas tersebut antara lain ruang menyusui (laktasi) dan ruang bermain anak. Walaupun ukuran ruangan tidak terlalu besar, setidaknya anak-anak dapat bermain di tempat ini untuk mengusir kebosanan selama perjalanan yang cukup lama.

Selama perjalanan, Anda juga akan menjumpai beberapa pedagang, baik itu makanan ataupun minuman. Harga makanan dan minuman di atas kapal Gunung Dempo memang lebih mahal dibandingkan harga pasaran normal. Pedagang biasanya berasal dari warga-warga sekitar pelabuhan yang mencari rezeki di atas kapal ini. Meskipun jauh dan memakan waktu lama, para pedagang tetap menjalaninya dengan senang hati karena kebutuhan ekonomi keluarga mereka.

Untuk fasilitas kapal Gunung Dempo sendiri termasuk mewah dan sangat bisa membuat para penumpang nyaman untuk tinggal selama berhari-hari di kapal. Beberapa fasilitas penting yang wajib anda ketahui di antaranya dapat anda simak di bawah ini.

Kabin

Di dalam kapal Gunung Dempo terdapat kabin yang didalamnya dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang sangat lengkap di antaranya adalah Televisi, Tempat Tidur, Lemari Pakaian, Meja Tulis, AC, Kamar Mandi yang dilengkapi dengan shower dingin dan panas.

Gerai Alfamart dan Indomaret

Bagi yang ingin membeli keperluan sehari-hari seperti misalnya sabun, pulsa, minyak wangi, camilan atau yang lain maka tetap bisa mendapatkannya meskipun sedang berada di kapal. Karena di dek paling atas Kapal pelni Gunung Dempo kini telah ada gerai-gerai minimarket yang banyak bertebaran di kota-kota di Indonesia yakni gerai Alfamart dan Indomaret yang ternyata juga ada di sini.

Restoran

Bagi yang bosan dengan menu yang diberikan di atas kapal. Anda masih bisa kok mencoba menu-menu lain yang pastinya sangat lezat dan harganya pun cukup terjangkau. Ini karena di Kapal Gunung Dempo terdapat restoran saji yang menjual menu-menu lezat khas Nusantara dan luar negeri. 

Tempat Karaoke

Jika ingin bernyanyi untuk melepas jenuh saat berada di kapal. Bisa juga kok seru-seruan bernyanyi di tempat karaoke yang kini juga sudah tersedia di Kapal Gunung Dempo. Karena itulah anda tidak perlu khawatir sebab fasilitasnya memang sangat lengkap dan memadai.

Mushola

Dengan daya tampung penumpang yang besar maka sudah pasti Kapal Gunung Dempo juga menyediakan masjid untuk tempat beribadah bagi kaum Muslimin yang setiap harinya melaksanakan sholat lima waktu.

Rute Tujuan

Rute yang dilewati oleh Kapal Gunung Dempo adalah Tanjung Perak (Surabaya), Tanjung Priok (Jakarta), Makassar, Ambon, Sorong, Manokwari, Wasior, Nabire, dan Jayapura (Papua). Beberapa pelabuhan tersebut dilintasi oleh kapal milik Badab Usaha Milik Negara ini. Anda yang ingin pergi dengan tujuan kota-kota tersebut dapat menaiki kapal Gunung Dempo.

Pada saat berlabuh di pelabuhan salah satu kota, kapal akan berhenti selama kurang lebih 2 jam. Hal ini digunakan oleh kapal sebagai persiapan melanjutkan perjalanan. Persiapan meliputi pemeriksaan bahan bakar, mesin, dan sebagainya. Pada waktu 2 jam ini, penumpang boleh turun untuk sekedar melihat-lihat pelabuhan dan kota yang sedang disinggahi oleh kapal tersebut.

Anda akan mendapatkan banyak kesempatan untuk berjalan-jalan di beberapa kota sekaligus jika menaiki kapal laut ini. Hal ini dapat Anda lakukan dengan catatan tujuan perjalanan Anda melewati beberapa transit pelabuhan. Anda yang tidak ingin turun juga tidak menjadi masalah. Anda dapat menikmati pemandangan pelabuhan dari atas kapal. Pelabuhan yang direkomendasi untuk dapat Anda kunjungi antara lain, Tanjung Priok Surabaya, Makassar, Jakarta, Nabire, dan Jayapura.

Cara Beli Tiket

Untuk membeli tiket kapal Gunung Dempo, Anda dapat melakukannya dengan cara berikut:

1. Melalui Website Pelni (online)

  • Website: https://www.pelni.co.id/reservasi-tiket
  • Langkah:
    1. Buka website Pelni.
    2. Klik menu "Tiket Online".
    3. Pilih rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
    4. Pilih kelas dan jenis kamar yang Anda inginkan.
    5. Isi data penumpang dengan lengkap.
    6. Pilih metode pembayaran.
    7. Bayar dan cetak bukti pemesanan tiket.

2. Melalui Aplikasi Pelni

  • Aplikasi: Pelni Tiket
  • Langkah:
    1. Unduh dan instal aplikasi Pelni Tiket.
    2. Daftarkan akun atau masuk jika sudah memiliki akun.
    3. Pilih rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
    4. Pilih kelas dan jenis kamar yang Anda inginkan.
    5. Isi data penumpang dengan lengkap.
    6. Pilih metode pembayaran.
    7. Bayar dan lihat bukti pemesanan tiket di aplikasi.

3. Melalui Agen Pelni (offline)

  • Lokasi: Agen Pelni terdekat
  • Langkah:
    1. Datang ke agen Pelni terdekat.
    2. Berikan informasi rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan kelas kamar yang Anda inginkan kepada petugas.
    3. Bayar tiket kepada petugas.

4. Melalui Call Center (offline)

  • Nomor: 162
  • Langkah:
    1. Hubungi call center Pelni 162.
    2. Informasikan rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan kelas kamar yang Anda inginkan kepada petugas.
    3. Bayar tiket melalui transfer bank atau kartu debit/kredit sesuai arahan petugas.

Tips Membeli Tiket Kapal Gunung Dempo

  • Pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada musim liburan atau saat ada event besar.
  • Bandingkan harga tiket di berbagai platform sebelum membeli.
  • Perhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku saat membeli tiket.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP.
  • Datang ke pelabuhan tepat waktu untuk proses boarding.

Dokumen yang Dibutuhkan:

  • Tiket kapal
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat keterangan sehat (jika diperlukan)

Harap selalu mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan yang berlaku di pelabuhan.


Persyaratan

Saat ini sudah memasuki era Endemi yang itu artinya penerapan peraturan tentang COVID-19 tidak seperti dulu lagi. Namun ada beberapa peraturan yang harus teman-teman patuhi selama melakukan perjalanan bersama dengan kapal KM Gunung Dempo. Berikut isi peraturan terbaru untuk perjalanan kapal laut :

1. Tetap atau sudah melakukan vaksinasi COVID sampai dengan booster kedua atau vaksin keempat. Khususnya untuk masyarakat yang memiliki risiko tinggi pada penular COVID-19.

2. Diperbolehkan tidak menggunakan masker jika dalam keadaan sehat atau tidak berisiko menularkan COVID-19.

3. Dianjurkan tetap menggunakan masker dengan baik apabila dalam keadaan sedang tidak sehat atau berisiko menularkan COVID-19.

4. Dianjurkan membawa hand sanitizer atau menggunakan sabun atau air mengalir untuk mencuci tangan.

5. Bagi oran gyang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko COVID-19 dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

6. Dianjurkan untuk tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk mengetahui kesehatan pribadi masing-masing.

Semoga informasi yang kami berikan tentang Jadwal Kapal Pelni Gunung Dempo April 2024, harga tiket, fasilitas dan cara membeli tiketnya. 

MOH KAMIL
MOH KAMIL Seorang Blogger, Youtuber dan SEO specialist