Jadwal Kapal KM Bukit Raya Bulan Maret 2024

jadwal kapal bukit raya
jadwal kapal bukit raya

Postingan tentang informasi jadwal kapal Bukit Raya di bulan Maret 2024 yang diupdate mulai dari 11 Maret 2024 hingga 25 Maret 2024. Jadwal Kapal Bukit Raya ini dimulai dari kota Jakarta, Belinyu, Kijang, Letung, Tarempa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak dan Surabaya dan begitu juga sebaliknya. Berikut adalah jadwal kapal KM Bukit Raya :

JADWAL KAPAL BUKIT RAYA

Rute : Jakarta Belinyu
Berangkat : Tanggal 12 Maret 2024 Jam 05:00
Tiba : Tanggal 13 Maret 2024 Jam 09:00

Rute : Belinyu Kijang
Berangkat : Tanggal 13 Maret 2024 Jam 10:00
Tiba : Tanggal 14 Maret 2024 Jam 01:00

Rute : Kijang Letung
Berangkat : Tanggal 14 Maret 2024 Jam 04:00
Tiba : Tanggal 14 Maret 2024 Jam 18:00

Jadwal lengkap Kapal Bukit Raya bisa dicek pada gambar berikut ini:

jadwal-kapal-bukit-raya-maret-2024

Profil

Kapal Bukit Raya adalah salah satu kapal yang sudah cukup lama melayani masyarakat Indonesia. Pasalnya, kapal ini sudah selesai dibuat pada tahun 1994 oleh perusaahaan galangan kapal Jos L. Meyer, Papenburg, Jerman. Hingga saat ini, usia kapal ini kurang lebih memasuki usia yang ke 25 tahun.

Nama Bukit Raya diambil dari nama gunung tertinggi di Kalimantan, yaitu Gunung Bukit Raya atau Gunung Raya. Lokasi tepat gunung ini berada di Kabupaten Katingan, Provinsi Kalimantan Tengah. Tinggi Bukit Raya mencapai 2278 mdpl dan merupakan satu dari tujuh puncak tertinggi di Indonesia.

Pelayaran perdana Kapal Bukit Raya didaftarkan pada pelabuhan Banjarmasin, akan tetapi sekarang sudah dipindah ke Jakarta. Kapasitas kapal ini mencapai 970 penumpang dalam kondisi normal. Hal berbeda akan Anda dapati jika kapal dalam kondisi sangat penuh dan musim mudik atau arus balik. Kapal ini akan memuat hingga 1500 penumpang.

Secara normal, kapasitas 970 orang terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas I, II, dan kelas ekonomi. Kelas I hanya berkapasitas 14 penumpang, kelas II 40 pnumpang, dan kelas ekonomi sebanyak 916 penumpang. Perbedaan kelas ini dipengaruhi oleh harga tiket dan fasilitas yang akan didapatkan oleh penumpang.

Harga Tiket

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Midai Natuna
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 37.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 37.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 37.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Natuna Tarempa
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 97.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 97.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 97.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Tarempa Letung
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 39.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 39.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 39.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Letung Belinyu
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 200.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 200.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 200.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Belinyu Jakarta
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 215.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 215.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 215.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Jakarta Belinyu
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 217.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 217.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 217.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Belinyu Letung
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 208.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 208.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 208.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Letung Tarempa
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 39.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 39.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 39.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Tarempa Natuna
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 97.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 97.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 97.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Natuna Midai
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 37.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 37.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 37.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Midai Pontianak
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 163.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 163.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 163.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Pontianak Serasan
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 169.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 169.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 169.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Serasan Natuna
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 63.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 63.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 63.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Serasan Pontianak
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 161.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 161.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 161.000

Harga Tiket Kapal Bukit Raya Natuna Serasan
Tiket Eks Kabin Kelas 1A : Rp. 63.000
Tiket Eks Kabin Kelas 2B : Rp. 63.000
Tiket Kelas Ekonomi : Rp. 63.000

Fasilitas

Fasilitas di kapal Bukit Raya bervariasi tergantung tiket yang Anda beli. Semakin mahal tiket yang Anda beli, maka semakin banyak fasilitas ynag bisa Anda manfaatkan selama perjalanan di atas kapal. Fasilitas paling lengkap didapatkan oleh kelas I, sedangkan fasilitas paling standar didapatkan oleh kelas ekonomi. Berikut penjelasan terkait fasilitas kapal Bukit Raya.

Tempat Tidur

Kelas ekonomi pada Kapal Bukit Raya akan mendapatkan tempat tidur dengan memanfaatkan dek kapal. Dek yang dimaksud adalah dek terbuka dan ditempati oleh banyak orang secara berjajar. Kelas II akan mendapatkan kamar tidur yang berisikan 4 orang dengan tempat tidur tingkat bersusun.

Kelas I akan mendapatkan kamar tidur yang hanya berisi dua orang saja dalam satu kamar. Selain itu, kamar kelas I juga enyediakan perlengkapan tidur seperti bantal, guling, dan selimut. Anda penumpang kelas I juga akan mendapatkan fasilitas tambahan seperti lemari pakaian, toilet di setiap kamar, meja, bahkan televisi.

Televisi hanya dapat digunakan saat kapal sedang berada di dekat daratan. Hal ini karena di tengah laut, sinyal televisi tidak dapat ditangkap dengan baik oleh televisi di kapal. 

Wi-Fi Gratis

Pengadaan Wi-Fi di kapal merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan pengelola kepada seluruh penumpang kapal. Anda selaku penumpang akan mendapatkan layanan Wi-Fi gratis selama di kapal sebanyak 5 mb. Setelah itu, jika Anda menginginkan kuota yang lebih besar, Anda dapat membelinya melalui kupon internet yang dijual di kapal ini.

Penyediaan Wi-Fi di kapal sangat membantu penumpang dalam berkomunikasi dengan teman di tempat tujuan atau di tempat lain. Anda tidak akan terhalangi aktivitas karena tidak adanya koneksi yang dapat diandalkan. Anda juga dapat memanfaatkannya untuk mengerjakan tugas kantor atau tugas lainnya.

Kapal Bukit Raya bukan satu-satunya kapal yang dilengkapi dengan Wi-Fi, pasalnya ada 18 kapal yang seluruhnya dilengkapi denga saluran koneksi Wi-Fi. Kapal-kapal tersebut diantaranya Kapall Kelud, KM Tidar, Kapal Umsini, KM Ciremai, KM Tatamaliu, KM Lawit, KM Leuser, KM Binaiya, KM Awu, KM Pangrango, Kapal Jetliner, KM Wilis, KM Tilongkabila, dan beberapa kapal lainnya.

Mushola

Sebagaimana mushola atau tempat shalat di kapal-kapal lainnya, Anda harus cermat menentukan arah kiblat ketika sedang berada di atas kapal laut. Anda dapat melaksanakan shalat berjamaah di tempat ini bersama penumpang muslim lainnya. Jika Anda melakukan perjalanan cukup panjang, Anda dapat melakukan shalat secara jama’ untuk sholat Dzuhur-Asar dan sholat Maghrib-Isya.

Toilet/Kamar Mandi

Toilet di kapal mencapai ratusan buah. Sebagian besar diperuntukkan untuk penumpang kelas ekonomi karena jumlahnya yang paling banyak. Toilet untuk kelas I dan II sudah tersedia di kamar tidur masing-masing. Pastikan Anda menjaga kebersihan toilet agar penumpang lain merasa nyaman saat menggunakan toilet setelah Anda.

Kelas ekonomi dapat menggunakan kamar mandi umum yang digunakan oleh banyak orang. Letaknya tidak terlalu jauh dari lokasi tempat tidur penumpang.

Area Bermain

Area bermain akan membuat Anda tidak jenuh selama melewati perjalanan di Kapat Bukit Raya ini. Anda dapat memanfaatkan meja pingpong yang tersedia untuk sekedar melepas penat bersama teman atau penumpang kapal lainnya. Anda juga dapat berkeliling kapal untuk sekedar melihat pemandangan laut lepas.

Hiburan

Hiburan standar yang ada di kapal laut adalah penyanyi diiringi organ tunggal. Hiburan biasanya disajikan bersamaan dengan waktu makan, sehingga penumpang selain kenyang juga terhibur. 

Toko

Toko di kapal dimaksudkan untuk melayani kebutuhan-kebutuhan kecil para penumpang yang terkadang terlupa atau habis. Toko seperti warung kelontong, hanya saja dengan harga yang lebih mahal karena berada di atas kapal laut.

Restoran/Warung Makan

Restoran biasanya ditujukan untuk penumpang kelas I dan II dimana penumpang dapat makan dengan cara prasmanan (mengambil makanan secara mandiri sesuai keinginan). Menu yang disediakan bervariasi Sayur dan lauknya lebih dari satu jenis. Untuk kelas ekonomi, penumpang akan mendapatkan makan 3 kali dalam sehari dengan nasi kotak.

Untuk anda yang berencana menggunakan kapal Bukit Raya. Maka nantinya anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas yang ada di dalamnya. Ulasan tentang Fasilitas Kapal Bukit Raya dapat anda simak berikut ini.

Kamar Tidur

Jika anda membeli tiket kelas 1 maka anda mendapatkan fasilitas berupa kamar tidur yang isinya sangat lengkap seperti yang ada di hotel. Karena di dalam kamar tersebut terdapat fasilitas-fasilitas penting seperti dua buah kasur yang empuk, AC, Kamar Mandi dan Televisi.

Sedangkan untuk anda yang membeli tiket Ekonomi juga tidak perlu khawatir. Sebab Pelni juga menyediakan tempat tidur susun yang bisa digunakan oleh penumpang beristirahat.

Bioskop

Jika anda bosan dan ingin menonton film maka bisa juga menontonnya di bioskop yang ada di dalam Kapal Bukit Raya. Kegiatan menonton film cocok bagi anda yang hobi nonton. Sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh saat berada di kapal.

Masjid / Mushola

Bagi anda yang beragama Islam, di Kapal Bukit Raya juga sudah disediakan masjid untuk beribadah. Sehingga anda tidak perlu khawatir tak dapat beribadah berjamaah. Karena meskipun berada di dalam kapal ibadah anda tetap bisa berjalan dengan lancar.

Rute Tujuan

Kapal Bukit Raya melayani beberapa rute tujuan yang dimulai dari kota Jakarta, Belinyu, Kijang, kota Letung, Tarempa, Natuna, Midai, Serasan, Pontianak dan Surabaya.
 

Cara Beli Tiket

Ada beberapa cara untuk membeli tiket kapal KM Bukit Raya, yaitu:

1. Melalui Website Pelni (online):

  • Website: https://www.pelni.co.id/reservasi-tiket
  • Langkah:
    • Buka website Pelni.
    • Klik menu "Tiket Online".
    • Pilih rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
    • Pilih kelas dan jenis kamar yang Anda inginkan.
    • Isi data penumpang dengan lengkap.
    • Pilih metode pembayaran.
    • Bayar dan cetak bukti pemesanan tiket.

2. Melalui Aplikasi Pelni:

  • Aplikasi: Pelni Tiket
  • Langkah:
    • Unduh dan instal aplikasi Pelni Tiket.
    • Daftarkan akun atau masuk jika sudah memiliki akun.
    • Pilih rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang.
    • Pilih kelas dan jenis kamar yang Anda inginkan.
    • Isi data penumpang dengan lengkap.
    • Pilih metode pembayaran.
    • Bayar dan lihat bukti pemesanan tiket di aplikasi.

3. Melalui Agen Pelni (offline):

  • Lokasi: Agen Pelni terdekat
  • Langkah:
    • Datang ke agen Pelni terdekat.
    • Berikan informasi rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan kelas kamar yang Anda inginkan kepada petugas.
    • Bayar tiket kepada petugas.

4. Melalui Call Center (offline):

  • Nomor: 162
  • Langkah:
    • Hubungi call center Pelni 162.
    • Informasikan rute pelayaran, tanggal keberangkatan, dan kelas kamar yang Anda inginkan kepada petugas.
    • Bayar tiket melalui transfer bank atau kartu debit/kredit sesuai arahan petugas.

Tips Membeli Tiket Kapal KM Bukit Raya:

  • Pesan tiket jauh-jauh hari, terutama pada musim liburan atau saat ada event besar.
  • Bandingkan harga tiket di berbagai platform sebelum membeli.
  • Perhatikan persyaratan dan ketentuan yang berlaku saat membeli tiket.
  • Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan, seperti KTP dan bukti vaksinasi.
  • Datang ke pelabuhan tepat waktu untuk proses boarding.

Dokumen yang Dibutuhkan:

  • Tiket kapal
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Bukti vaksinasi COVID-19
  • Surat keterangan sehat (jika diperlukan)

Harap selalu mematuhi protokol kesehatan dan ketentuan yang berlaku di pelabuhan.

Persyaratan

Saat ini sudah memasuki era Endemi yang itu artinya penerapan peraturan tentang COVID-19 tidak seperti dulu lagi. Namun ada beberapa peraturan yang harus teman-teman patuhi selama melakukan perjalanan bersama dengan kapal KM Binaiya. Berikut isi peraturan terbaru untuk perjalanan kapal laut :

1. Tetap atau sudah melakukan vaksinasi COVID sampai dengan booster kedua atau vaksin keempat. Khususnya untuk masyarakat yang memiliki risiko tinggi pada penular COVID-19.

2. Diperbolehkan tidak menggunakan masker jika dalam keadaan sehat atau tidak berisiko menularkan COVID-19.

3. Dianjurkan tetap menggunakan masker dengan baik apabila dalam keadaan sedang tidak sehat atau berisiko menularkan COVID-19.

4. Dianjurkan membawa hand sanitizer atau menggunakan sabun atau air mengalir untuk mencuci tangan.

5. Bagi oran gyang dalam keadaan tidak sehat dan berisiko COVID-19 dianjurkan untuk tetap menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

6. Dianjurkan untuk tetap menggunakan aplikasi SATUSEHAT untuk mengetahui kesehatan pribadi masing-masing.

Semoga informasi tentang Jadwal Kapal Bukit Raya Bulan Maret 2024 lengkap beserta harga tiket dan juga fasilitas yang dimilikinya. Terima kasih.

MOH KAMIL
MOH KAMIL Seorang Blogger, Youtuber dan SEO specialist